Profil

Dinas Penataan Ruang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kota Bandung dan Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 1383 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Dinas Penataan Ruang merupakan integrasi dari :
1. Dinas Tata Kota
2. Dinas Pembangunan
3. Dinas Perumahan

Dinas Penataan Ruang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang penataan ruang dan pengelolaan pemakaman. Fungsi Dinas Penataan Ruang tecantum pada Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 1383 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penataan Ruang Kota Bandung. Dinas Pentaan Ruang mempunyai visi dan misi yaitu :

Visi :

TERWUJUDNYA KOTA BANDUNG YANG UNGGUL, NYAMAN, DAN SEJAHTERA

Misi :

1. Mewujudkan Bandung nyaman melalui perencanaan tata ruang, pembangunan infrastruktur serta pengendalian pemanfaatan ruang yang berkualitas dan berwawasan lingkungan.
2. Menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih dan melayani.
3. Menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih dan melayani.
4. Membangun perekonomian yang kokoh, maju, dan berkeadilan.

STRUKTUR ORGANISASI

Jenis Pelayanan

1. VHU (Verifikasi Hasil Ukur); Online System
2. KRK (Keterangan Rencana Kota); Online System
3. Siteplan;
4. RTBG (Rencana Teknis Bangunan Gedung)
5. Verifikasi Pengecekkan KBU (Kawasan Bandung Utara);
6. SLF (Sertifikat Laik Fungsi);
7. Salinan IMB Lama;
8. Legalisir IMB Lama;
9. Splitzing IMB;
10. Pelayanan Penyediaan Tanah Makam;
11. Pelayanan Pengangkutan Mayat;
12. Pelayanan Pemindahan/ Pembongkaran Makam/Pusara;
13. Pelayanan Penyediaan Tanah Makam Tumpang;
14. Pelayanan Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan Makam;
15. Pelayanan Penggalian Pengurungan Tanah Makam;
16. Informasi Rencana Kota.

Pelayanan ini dapat diakses pada Webportal Sipetruk www.distaru.bandung.go.id atau bisa langsung datang ke Loket Pelayanan kami pada alamat kantor Jl. Cianjur No, 34 Lt.2 Kota Bandung

Untuk Informasi lebih jelas bisa mendapatkan informasi via WhatssApp teks
(WA) 0822 4079 1234

Persyaratan Verifikasi

PERSYARATAN VERIFIKASI HASIL UKUR (VHU) & KETERANGAN RENCANA KOTA (KRK)

1. Upload KTP Pemohon ( Berwarna dalam format JPG );

2. Upload PBB + Bukti Pelunasan Tahun terakhir (dalam format PDF);

3. Upload sertifikat Tanah/Akta jual beli (AJB) yang telah dilegalisir pihak Pejabat berwenang atau Notaris atau Rekomendasi BANK atau Legalisir BANK jika SHM dalam Hak Tanggungan Bank.(dalam format PDF);

4. Upload hasil Ukur Soft Copy dari Badan / Perorangan yang memiliki sertifikat Keahlian (SKA). (dalam format DWG) , Upload Hasil Ukur Hard copy yang telah ditanda tangani oleh Juru ukur, Pemohon dan Penunjuk batas tanah (dalam format PDF),Upload Sertifikat Keahlian Juru Ukur (SKA) lengkap dengan FC KTP (dalam format PDF),

5. Upload Akta PT / Yayasan Apabila SHM milik perusahaan / Yayasan. (dalam Format PDF);

6. Upload Surat Kuasa Bermaterai Apabila pengurusan dan/ penandatanganan dilakukan selain pemegang Hak sesuai Surat Tanah Lengkap dengan FC KTP Penerima Kuasa. (dalam format PDF);

7. Upload Surat Perjanjian Pemakaian Tanah yang di Waarmerking notaris apabila nama pemohon yang diajukan dengan yang tertera di surat tanah berbeda lengkap dengan FC KTP pemilik tanah. (dalam format PDF)*

8. Upload Surat Ahli Waris jika pemilik sertifikat Sudah Meninggal Dunia.( dalam format PDF);

9. Upload gambar pra Siteplan apabila luas tanah yang dimohon lebih dari 1000 m2 atau satu bidang tanah akan dibuat lebih dari satu Kavling. (dalam format PDF).

Pendaftaran KRK melalui WEBPORTAL https://www.distaru.bandung.go.id (Layanan Verifikasi Hasil Ukur) Setelah mendapat No putusan Verifikasi Hasil Ukur daftar kembali Ke Layanan Keterangan Rencana Kota pada Aplikasi SIPETRUK

Daftar Informasi Publik

1. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik;

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik;

3. Peraturan Komisi Informasi Nomor 01 Tahun 2010 Tentang Standar Pelayanan Informasi Publik;

4. Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kota Bandung;

5. Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 1383 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penataan Ruang Kota Bandung

6. UU No. 28 TAHUN 2002 Tentang Bangunan Gedung;

7. PP NO. 36 TAHUN 2005 Tentang Bangunan Gedung;

8. Perda No. 05 Tahun 2010 Tentang Bangunan Gedung;

VIDEO

Video diatas merupakan tutorial atau langkah-langkah tata cara menggunakan aplikasi sipetruk.


Video diatas adalah video tentang pelayanan dan aplikasi sipetruk.


Video diatas adalah video tentang dokumentasi kegiatan Bidang Wasdal Dinas Penataan Ruang Kota Bandung.


Sipetruk adalah Sistem Pelayanan Tata Ruang Kota yang merupakan produk aplikasi dari Dinas Penataan Ruang Kota Bandung yang terbaru.


Kritik & Saran