Profil Distaru

VISI DAN MISI
Dinas Penataan Ruang mendukung visi dan misi Kepala Daerah Kota Bandung yang memiliki:

VISI
“TERWUJUDNYA KOTA BANDUNG
YANG UNGGUL, NYAMAN, SEJAHTERA, DAN AGAMIS”
MISI
1. Membangun Masyarakat yang Humanis, Agamis, Berkualitas dan Berdaya Saing
2. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Melayani, Efektif, Efisien, dan Bersih.
3. Membangun Perekonomian yang Mandiri, Kokoh, dan Berkeadilan
4. Mewujudkan Bandung Nyaman Melalui Perencanaan Tata Ruang, Pembangunan Infrastruktur, serta Pengendalian Pemanfaatan Ruang yang Berkualitas dan Berwawasan Lingkungan
5. Mengembangkan Pembiayaan Kota yang Partisipatif, Kolaboratif dan Terintegrasi.
Dinas Penataan Ruang mendukung Misi 4 yaitu
MEWUJUDKAN BANDUNG NYAMAN MELALUI PERENCANAAN TATA RUANG, PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR SERTA PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG YANG BERKUALITAS DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN
Tujuan Distaru
Meningkatnya Ruang Kota yang Nyaman dan Berkelanjutan
Sasaran Distaru
Meningkatnya Tata Ruang Kota yang Aman, Nyaman dan Berkelanjutan.
GAMBARAN UMUM
Dinas Penataan Ruang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kota Bandung dan Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 1383 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penataan Ruang Kota Bandung.
Sebelumnya Dinas Penataan Ruang merupakan Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kota Bandung dan juga Peraturan Walikota Bandung No.474 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas pokok dan Fungsi Satuan Organisasi
Dinas Penataan Ruang (Distaru) merupakan unsur pelaksana urusan Pemerintah yang menyelanggarakan urusan pemerintah bidang penataan ruang dan pengelolaan pemakaman.
Dinas Penataan Ruang berlokasi di Jalan Cianjur No.34 Kota Bandung dan pada saat ini Distaru dipimpin oleh Bapak H. Iskandar Zulkarnain, ST.,MM dan didamping oleh Bapak Chairul Anwar sebagai Sekretaris Dinas.
Sekretariat membawahkan :
1. Sub Bagian umum, Kepegawaian dan Data Informasi
2. Sub Bagian Program dan Keuangan
Dinas Penataan Ruang memiliki 3 Bidang yaitu :
1. Bidang Perencanaan Tata Ruang Kota yang membawahkan :
a. Seksi pengukuran dan Pemetaan ;
b. Seksi Perencanaan dan Pengmabngan Tata Ruang Kota;
c. Seksi Perencanaan Prasarana Kota.
2. Bidang Pemanfaatan Ruang Kota yang membawahkan :
a. Seksi Penataan Bangunan dan Arsitektur Kota;
b. Seksi Pengelolaan Teknis Bangunan Negara;
c. Seksi Elemen dan Dekorasi Kota.
3. Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kota, yang membawahkan:
a. Seksi Pengawasan dan Tata Ruang dan Bangunan;
b. Seksi Pengusutan dan Penertiban Tata Ruang dan Bangunan;
c. Seksi Dokumentasi dan Evaluasi Tata Ruang dan Bangunan.
4. Unit Pelaksana Teknis (UPT)
a. UPT 1 terdiri dari TPU Cibarunay, TPU Sirnaraga dan TPU Pandu
b. UPT 2 terdiri dari TPU Rancacili, TPU Gumuruh, TPU Ciburuy, TPU Maleer
c. UPT 3 terdiri dari TPU Cikutra, TPU Nagrog, TPU Cikadut
d. UPT 4 terdiri dari TPU Legok Ciseureuh, TPU Astana Anyar, TPU Babakan Ciparay
5. Jabatan Pelaksana dan Jabatan Fungsional

Bidang Perencanaan memiliki program One Smart Policy yang sesuai dengan Perpres No. 9 Tahun 2016

Bidang Pemanfataan Ruang

Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kota

Dinas Penataan Ruang melayani pembuatan Keterangan Rencana Kota, Verifikasi Hasil Ukur dan Rekomendasi Teknis Bangunan Gedung, Informasi Rencana Kota dll.
Selain itu untuk UPT Pemakaman Distaru menyediakan pelayanan penyediaan lahan makam, penggalian, pengurugan, makam tumpang dan juga ambulance. Program Walikota untuk warga tidak mampu dapat akan mendapatkan pembebasan biaya pemakaman sesuai dengan persyaratan.
Urusan Penataan Ruang merupakan salah satu urusan wajib dasar yang terkait dengan Pelayanan Dasar. SPM Penataan Ruang berdasarkan RPJMD dilihat dari Program Pengawasan dan Pengendalian Pemanfaatan Ruang melalui:

Indikator Persentase Pelanggaran Tata Ruang dan Bangunan yang ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan.
TUGAS DAN FUNGSI
Dinas Penataan Ruang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang penataan ruang dan pengelolaan pemakaman.
Dinas Penataan Ruang menyelenggarakan Fungsi :
a. Perumusan Kebijakan lingkup penataan ruang dan pemakaman
b. Pelaksanaan kebijakan lingkup penataan ruang dan pemakaman
c. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan lingkup penataan ruang dan pemakaman
d. pelaksanaan administrasi Dinas lingkup penataan ruang dan pemakaman
e. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.
LOGO

LOKASI DAN KONTAK
Kantor Dinas Penataan Ruang
Bertempat di Jl.Cianjur No.34
Bandung – (kode posnya brp?)
No Telp : 022-7217451
FAX : 022-7278801
IG : @distaru.bdg
Twitter : @distaruBDG


Dinas Penataan Ruang Kota Bandung



Jl. Cianjur No. 34 Bandung 420171 Jawa Barat
Telp. (022) 7217451 / Fax. (022) 7278801
Whatsapp Teks 082240791234
distaru@bandung.go.id / distaru.bdg@gmail.com